Anjuran Memperbanyak Sujud

Posted by "Hadits Muslim" Saturday, April 6, 2013 0 comments
Keutamaan Sujud dan Anjuran Memperbanyak Sujud

حَدَّثَنِي مَعْدَانُ بْنُ أَبِي طَلْحَةَ الْيَعْمَرِيُّ قَالَ لَقِيتُ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ أَخْبِرْنِي بِعَمَلٍ أَعْمَلُهُ يُدْخِلُنِي اللَّهُ بِهِ الْجَنَّةَ أَوْ قَالَ قُلْتُ بِأَحَبِّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ فَسَكَتَ ثُمَّ سَأَلْتُهُ فَسَكَتَ ثُمَّ سَأَلْتُهُ الثَّالِثَةَ


"Dari Ma'dan bin Abu Thalhah Al Ya'mari, dia berkata, "Aku telah bertemu Tsauban, maula Rasulullah SAW, lalu aku berkata, 'Beritahukanlah kepadaku suatu perbuatan yang apabila aku melakukannya Allah akan memasukkanku ke dalam surga!' {Atau aku berkata, 'Amal perbuatan yang paling disenangi oleh Allah!}.' Maka Tsauban terdiam, lalu aku tanyakan lagi, diapun tetap diam, kemudian aku tanyakan yang ketiga kali, 


فَقَالَ سَأَلْتُ عَنْ ذَلِكَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلَّا رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً قَالَ مَعْدَانُ ثُمَّ لَقِيتُ أَبَا الدَّرْدَاءِ فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ لِي مِثْلَ مَا قَالَ لِي ثَوْبَانُ

maka dia menjawab, "Hal itu pernah aku tanyakan kepada Rasulullah SAW. lalu beliau bersabda, "Perbanyaklah sujud kepada Allah Azza wa Jalla, karena tidaklah kamu melakukan sekali sujud kepada Allah melainkan Allah akan mengangkat satu derajat untukmu dan mengurangi satu dosamu." Kata Ma'dan, "Kemudian aku bertemu Abu Darda', lalu aku tanyakan hal itu kepadanya. maka dia menjawab seperti kata Tsauban." 

{Muslim 2/51-52}

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts